10 SKINCARE UNTUK KULIT BERJERAWAT


tuesday, januari 17, 2023


10 Skincare untuk Kulit Berjerawat

Jerawat adalah kondisi kulit yang kerap menimpa banyak orang. Bila saat ini Anda tengah mengalami wajah berjerawat, pastikan untuk tidak memakai sembarang produk. Dalam melaksanakan daily skin care routine, produk yang Anda gunakan jangan sampai memperburuk kondisi jerawat.

Kiehl’s, Mineral Botanica, Acnes, dan sebagainya menawarkan skincare untuk kulit berjerawat. Guna membantu Anda mengatasi permasalahan jerawat, kami merangkum cara memilih beserta merekomendasikan https://pikuuu.com/ produk terbaik versi kami. Selamat membaca!

Sejumlah Faktor yang Menyebabkan Kulit Berjerawat

Berikut adalah deretan faktor yang menyebabkan timbulnya jerawat:

  • Ekses minyak atau sebum berlebih.
  • Tersumbatnya folikel rambut oleh minyak dan sel kulit mati dan bakteri.
  • Peradangan.
  • Perubahan hormon di masa pubertas.
  • Pola diet tinggi karbohidrat.
  • Stres.
  • Penggunaan obat berkandungan kortiskosteroid, testosteron, dan lithium.

Kulit tubuh memiliki lubang-lubang kecil yang disebut pori-pori. Lubang ini dapat tersumbat oleh minyak, bakteri, sel kulit mati, dan kotoran. Pori yang tersumbat dapat memicu timbulnya jerawat.

Terdapat beberapa jenis lesi jerawat yang dapat ditemukan seperti komedo putih dan komedo hitam.

  • Komedo putih (whiteheads) merupakan komedo tertutup yang terbentuk sebagai benjolan di bawah permukaan kulit. Oleh karena itu, warnanya tetap sama seperti warna kulit.
  • Komedo hitam (blackheads) merupakan komedo terbuka ke permukaan kulit. Oksigen di udara akan membuat bagian atas jerawat tipe ini tampak lebih gelap (hitam).

Apabila lesi jerawat mengalami inflamasi, akan timbul lesi baru seperti:

  • Papul → benjolan kecil, merah, dan menonjol yang disebabkan oleh folikel rambut yang mengalami infeksi atau terjadi peradangan.
  • Pustul → jerawat merah kecil dengan nanah di ujungnya.
  • Nodul → benjolan padat yang terdapat di bawah permukaan kulit, seringkali terasa nyeri.
  • Kista → benjolan besar di bawah kulit yang mengandung nanah, seringkali menimbulkan rasa nyeri.

Cara Memilih Skincare untuk Kulit Berjerawat


Berikut adalah deretan hal yang perlu Anda ketahui dalam memilih skincare untuk kulit berjerawat. Simak dengan saksama, ya!

Pertama-tama, Ketahui Dulu Jenis Kulit Anda

Kami sarankan Anda melakukan analisis terlebih dulu untuk mengenali keadaan kulit wajah Anda. Gunakanlah produk cleanser lembut untuk membersihkan minyak, kotoran, dan makeup dari wajah Anda. Tepuk-tepuk wajah setelahnya sampai kering, lalu diamkan kurang lebih satu jam.

Setelah melakukan langkah di atas, reaksi yang muncul akan menjadi penentu jenis kulit Anda.

  • Apabila nampak berkilau dan terasa berminyak, khususnya di area T, besar kemungkinan Anda memiliki tipe kulit berminyak.
  • Apabila kulit terasa kencang, sedikit gatal, dan timbul bercak sisik maka Anda tipe kulit kering.
  • Bila yang terjadi adalah kemerahan, iritasi, atau perasaan terbakar, Anda mungkin memiliki tipe kulit sensitif.
  • Jika pada area T cukup berminyak, namun area U atau sekitaran garis rahang dan pipi cenderung kering, maka kulit Anda tipe kulit kombinasi.
  • Jika Anda tidak mengalami beberapa kondisi sebelumnya, misalnya wajah tidak terlalu kering atau berminyak di area mana pun, boleh jadi Anda termasuk tipe kulit normal.

Selain melalui tes sederhana diatas, Anda juga dapat mengetahui secara lebih detail mengenai jenis dan tipe kulit secara objektif melalui pemeriksaan menggunakan alat ukur khusus yang biasanya dapat dilakukan oleh dokter spesialis dermatologi dan venereologi.

Dari sudut pandang kosmetik, kulit diklasifikasikan menurut beberapa faktor yang berkaitan dengan keseimbangan sekresi kelenjar sebaceous, hidrasi, dan tingkat sensitivitasnya. Dengan demikian, setiap jenis kulit akan memiliki karakteristik dan ciri khasnya masing-masing.

Jenis kulit pada dasarnya ditentukan oleh genetika, namun dapat berubah seiring waktu karena dipengaruhi oleh faktor lain seperti kondisi lingkungan dan kondisi kesehatan tubuh secara umum. Klasifikasi jenis kulit tersebut terdiri dari lima jenis yaitu kulit normal, kering, berminyak, kombinasi, dan sensitif.

Brightly Ever After Night Cream


Cream malam dapat membantu memperbaiki kerusakkan sel kulit dan membalikkan tanda penuaan. Untuk cream malam biasanya memiliki kandungan lebih berat dari cream pagi maka dari itu hal ini berperan penting salah satunya dalam menghidrasi kulit.

Sejumlah Faktor yang Menyebabkan Kulit Berjerawat

Menggunakan day cream dapat membantu menjaga keseimbangan kulit wajah karena day cream menyediakan proteksi yang melindungi kulit wajah dari sinar matahari dan sinar UV.

Pilih Jenis, Komposisi, dan Karakteristik Produk yang Tepat


Seusai mengenali kondisi kulit, langkah berikutnya adalah memahami karakteristik dan komposisi dari setiap jenis skincare untuk kulit berjerawat.

Sabun Muka: Pastikan Mengandung Salicylic Acid atau Benzoyl Peroxide

Sabun muka akan membantu Anda terbebas dari kotoran pemcu komedo dan jerawat di kemudian hari. Sewaktu mengalami masalah jerawat, Anda memerlukan sabun muka yang sesuai. Cobalah produk mengandung salicylic acid atau benzoyl peroxide.

Oleh karena beberapa sabun muka ada yang berjenis batangan, Anda perlu mencermati produk tersebut agar jangan sampai menimbulkan iritasi. Bila memungkinkan, akan lebih baik memilih sabun muka yang unscented.

Salicylic acid memiliki fungsi untuk mengurangi jerawat dengan cara melakukan eksfoliasi pada kulit mati sehingga menjaga pori-pori kulit tetap bersih. Sementara benzoyl peroxide bekerja dengan menghilangkan bakteri penyebab jerawat serta membersihkan sel kulit mati yang menyumbat pori.

Sabun muka yang digunakan untuk mengatasi jerawat, selain mengandung bahan aktif untuk mengatasi jerawat seperti salicylic acid dan benzoyl peroxide, juga perlu dipertimbangkan jenis sabun yang digunakan.

Hindari penggunaan sabun batang pada muka karena sabun batang mengandung wewangian dan pewarna yang berisiko menimbulkan iritasi pada kulit. Sabun muka yang disarankan adalah sabun yang mengandung pelembap dan bebas zat pewangi (unscented).

Toner: Cek Keberadaan Alkohol untuk Mencegah Sensitivitas Kulit


Sehabis membersihkan wajah dengan facial cleanser, Anda sebaiknya mengaplikasikan toner. Toner dibedakan berdasarkan kandungan dan fungsinya, karena itu sesuaikan jenisnya dengan kondisi dasar kulit, apakah kering, berminyak, atau kombinasi.

Sebaiknya pilih toner bebas alkohol untuk kulit yang sensitif. Namun, apabila Anda menggunakan obat jerawat dari dokter yang efeknya membuat kulit sangat kering, Anda mungkin tidak disarankan menggunakan toner.

Secara umum, kandungan alkohol memiliki fungsi untuk melarutkan zat minyak dan berlemak seperti kotoran dan sebum yang ada pada pori-pori kulit. Namun, pada beberapa jenis kulit, alkohol dapat menyedot kandungan minyak dan lemak secara berlebihan dari lapisan kulit stratum korneum.

Hal tersebut akan menyebabkan kulit menjadi kering, gatal, dan iritasi. Orang yang memiliki kulit yang sensitif cenderung mudah untuk mengalami iritasi pada kulit. Oleh sebab itu, dianjurkan untuk menggunakan produk perawatan wajah yang ringan dan tidak mengandung alkohol.


Di samping itu, jika Anda sedang menggunakan obat jerawat dari dokter, Anda sebaiknya melakukan konsultasi apabila ingin menambahkan produk perawatan yang lain. Tujuannya untuk menghindari apabila ada zat atau kandungan yang tidak dianjurkan untuk digunakan secara bersamaan karena dapat menimbulkan reaksi negatif maupun dapat mengurangi efektivitas obat.

Moisturizer: Pilih yang Tidak Meninggalkan Efek Licin dan Berminyak

Meski salah satu pemicu kulit berjerawat adalah produksi minyak berlebih, namun pemakaian moisturizer tetap penting. Terlebih bila Anda menerapkan obat jerawat yang mengakibatkan kulit kering, peran moisturizer pada skincare routine sangat diperlukan kulit.

Moisturizer yang tidak meninggalkan efek kulit berminyak dan licin adalah opsi terbaik. Selain itu, pilih moisturizer berjenis gel dibandingkan krim. Upayakan membeli produk yang dilabeli oil-free dan noncomedogenic agar tidak menambah jumlah jerawat di wajah Anda.

Untuk membantu menjaga kesehatan kulit, Anda membutuhkan pelembap atau moisturizer. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, pilihlah moisturizer yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit Anda.

Pada kulit yang cenderung berminyak dan mudah berjerawat, Anda sebaiknya memilih jenis moisturizer yang ringan dan mudah diserap kulit, misalnya moisturizer yang berjenis water-based/gel. Moisturizer yang ringan dan mudah diserap tidak meninggalkan efek kulit berminyak dan licin sehingga akan lebih nyaman digunakan pada kulit berminyak.

Jika Anda memiliki kulit yang cenderung berjerawat, carilah pelembap dengan kandungan asam salisilat, gliserin, maupun hyaluronic acid. Kandungan ini dapat membantu melembapkan kulit serta meredakan jerawat Anda. Hindari penggunaan produk yang mengandung petrolatum dan minyak kelapa (coconut oil) karena kandungan ini dapat menyumbat pori-pori sehingga memicu timbulnya jerawat.

Tabir Surya: Utamakan yang Didesain Khusus untuk Kulit Wajah


Penggunaan salep topikal untuk jerawat dapat menjadikan kulit mengalami fotosensitivitas. Fotosensitivitas merupakan reaksi berlebihan yang ditimbulkan kulit akibat paparan sinar ultraviolet dari matahari.

Bagi Anda yang melakukan acne treatment serta cukup aktif berkegiatan di luar rumah, pastikan untuk selalu memberi perlindungan terhadap kulit. Gunakanlah tabir surya yang dirancang untuk kulit wajah. Biasanya, face sunscreen diformulasi tanpa aroma dan sedikit minyak.

Sunscreen merupakan produk yang penting bagi semua jenis kulit. Secara umum, sunscreen berfungsi untuk melindungi kulit dari kerusakan yang ditimbulkan oleh sinar UV. Penggunaan sunscreen dapat menurunkan risiko terjadinya kanker kulit serta penuaan dini pada kulit.

Pada kulit berjerawat, paparan sinar UV dapat menyebabkan kerusakan kulit dan menimbulkan iritasi kulit sehingga dapat memperparah kondisi jerawat.


Bagi orang yang memiliki kulit berjerawat, pilihlah sunscreen dengan label “oil-free“, “non-comedogenic“, dan “fragrance-free“, artinya sunscreen tersebut tidak mengandung minyak, tidak menyumbat pori, serta tidak mengandung pewangi/tanpa aroma.

Periksa Label dan Sertifikasi untuk Memastikan Keamanan Produk

Bila kulit Anda berminyak, produk berlabel bebas minyak dan nonkomedogenik lebih direkomendasikan. Namun, pemilik kulit sensitif dan kering lebih disarankan memilih produk berstatus hypoallergenic, fragrance-free, dan alcohol-free.

Di samping itu, adanya sertifikasi yang dimiliki juga membantu Anda mengenali keamanan produk yang telah diverifikasi lembaga kredibel. Skincare untuk kulit berjerawat yang beredar di Indonesia, Anda bisa mengecek ada tidaknya nomor registrasi BPOM.

BPOM atau Badan Pengawas Obat dan Makanan adalah sebuah lembaga di Indonesia yang bertugas untuk mengawasi peredaran obat dan makanan yang ada di Indonesia.

Namun, apabila Anda menggunakan produk dari luar negeri yang tidak memiliki nomor BPOM, Anda bisa mengacu kepada FDA atau Food and Drug Administration. FDA merupakan badan di Amerika Serikat yang bertugas untuk mengatur makanan, obat, produk biofarmasi, peranti medis, dll.

10 Rekomendasi Skincare Terbaik untuk Kulit Berjerawat


Berikut kami tampilkan sepuluh rekomendasi skincare untuk kulit berjerawat. Tentukan satu atau lebih produk berdasarkan kebutuhan dan tipe kulit Anda, ya!

1. JF Anti Acne Cleanser Bar

Spesialis soap bar untuk mengurangi angka jerawat

JF menjamin produk buatannya ini tidak memberi efek kulit kering. Anti Acne Cleanser Bar didesain bersama pakar dermatologi untuk memastikan keamanannya. Kandungan active sulfur pada sabun ini mampu membunuh bakteri penyebab jerawat.

Selain itu, kotoran dan minyak berlebih akan dibersihkan secara total sehingga kemungkinan jerawat bertambah pun kecil. JF mengklaim skincare untuk kulit berjerawat ini teruji klinis mengurangi jerawat dalam waktu 2 minggu.

Kisaran harga Rp12.800

2. Kiehl’s Calendula Herbal Extract Alcohol-Free Toner


Mengantongi kebaikan bahan herbal tanpa tambahan alkohol

Bahan-bahan herbal yang terkandung seperti allantoin, calendula, dan great burdock root extract pada skincare untuk kulit berjerawat ini memberikan efek nyaman, tenang, dan lembap pada kulit.


Kiehl’s Calendula Herbal Extract Alcohol-Free Toner membantu calming jerawat. Pakailah toner ini sehabis mencuci muka dengan face cleanser. Kiehl’s menyebutkan bahwa toner dengan minimal ingredients buatannya ini dapat memaksimalkan hasil pembersihan wajah, lho!

Kisaran harga Rp285.000

3. Roro Mendut Temulawak Anti-Acne Plus Brightening Herbal Day Cream

Formulasi tujuh bahan alami untuk berbagai masalah wajah

Perpaduan bahan alami memenuhi komposisi dasar skincare untuk kulit berjerawat ini. Ada ekstrak temulawak, beras, pala, dan lidah buaya yang bekerja meringankan permasalahan jerawat.

Selain mengatasi jerawat, produk dengan tujuh bahan aktif tinggi nutrisi ini juga mampu mengontrol kadar minyak, mengecilkan pori, mencegah komedo, dan menyamarkan noda hitam. Menariknya lagi, Roro Mendut menyematkan SPF untuk melindungi kulit Anda saat beraktivitas di luar ruangan.

Kisaran harga Rp96.900

4. Erha21 Acne Care Lab Sun Friendly for Oily & Acne Prone Skin


Melindungi wajah dari matahari tanpa takut komedo dan jerawat!

Erha21 mengembangkan tabir surya ber-SPF 30 khusus kulit berjerawat dan berminyak. Produk ini akan memproteksi kulit dari efek buruk sinar UV-A dan UV-B (broad spectrum). Formula sebum regulator di dalamnya akan mengontrol serta menyerap minyak berlebih yang diproduksi kulit.


Skincare untuk kulit berjerawat ini juga dibekali sifat antibakteri untuk menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Satu lagi, tabir surya satu ini diklaim non-comedogenic dan non-acnegenic!

Kisaran harga Rp89.000

5. COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser

Ideal untuk wajah berjerawat berkat nilai pH rendahnya!

Selain bekerja lembut, pH rendah (5.30~6.30) yang dimiliki skincare untuk kulit berjerawat ini menghindari risiko iritasi, khususnya pada Anda dengan tipe kulit kering dan acne prone. Kelembapan kulit pun terjaga melalui fungsi hydrating yang ditawarkannya. Jaminan hasil wajah bersih, segar, dan cerah tanpa perasaan kulit terkelupas apalagi kering!

Kisaran harga Rp119.000

6. Mineral Botanica Acne Care Toner


Segarkan dan bersihkan wajah berjerawat secara optimal!

Ekstrak teh hijau telah diuji melalui berbagai riset dan terbukti efektif mengurangi acne breakout. Sementara, hamamelis virginiana-leaf extract yang termasuk golongan witch hazel berperan menangani jerawat noninflamasi, seperti whitehead dan blackhead.


Skincare untuk kulit berjerawat ini tak sekadar bertindak sebagai anti acne, tetapi juga menjadikan kulit segar dan bersih dari sisa makeup maupun produk makeup cleanser yang Anda pakai sebelumnya.

Kisaran harga Rp28.900

7. Emina Ms. Pimple Acne Solution Moisturizing Gel

Mengutamakan ekstrak alami untuk melawan bakteri pemicu jerawat

Ms. Pimple Acne Solution Moisturizing Gel membawa keutamaan rosebay willowherb extract yang sanggup melawan bakteri penyebab kemunculan jerawat. Kandungan tersebut juga mengurangi kemerahan akibat iritasi jerawat. Lengkap dengan SPF 15 dan aloe vera, kulit semakin terlindungi dan lembap berkat skincare untuk kulit berjerawat ini!

Kisaran harga Rp24.000

8. Acnes UV Tint



Tumpas bakteri jerawat, samarkan noda, dan rawat tekstur kulit sekaligus!

Kadar SPF 35 yang dimiliki skincare untuk kulit berjerawat ini akan menjaga produktivitas Anda selama di luar ruangan, tanpa khawatir jerawat di wajah semakin parah. Didukung vitamin E dan vitamin B6, produk ini membantu merawat tekstur kulit agar tetap lembut, serta menyamarkan noda gelap.


Losion dengan warna light medium ini juga dapat diaplikasikan sebagai makeup primer untuk membantu penyerapan minyak, lho. Selain terjangkau, multiguna juga, bukan?

Kisaran harga Rp43.000

9. Mario Badescu Acne Facial Cleanser

Satu produk untuk fungsi cleansing, exfoliating, dan soothing!

Kinerja deep cleansing tidak membuat skincare untuk kulit berjerawat ini meninggalkan kulit kering berkat kombinasi aloe vera, chamomile, dan thyme-nya. Acne Facial Cleanser juga dilengkapi properti exfoliator untuk mengurai sel mati, kotoran, hingga minyak pada pori.

Alhasil, kulit tampak sehat dan bebas dari jerawat sangat mungkin Anda dapatkan. Meskipun produk impor, Mario Badescu telah meregistrasi produk ini ke Badan POM untuk diperiksa, dan dipastikan lulus uji!

Kisaran harga Rp299.000

10. Benton Aloe BHA Skin Toner



Teruji dermatologis aman untuk semua tipe kulit

Selain BHA, di dalam skincare untuk kulit berjerawat ini terdapat aloe vera dan snail secretion filtrate untuk moisturizing sekaligus meratakan tekstur kulit. Berkat level keasaman yang rendah, Aloe BHA Skin Toner aman digunakan sehari-hari tanpa menyebabkan reaksi fotosensitivitas.

Anda yang berkulit sensitif atau kurang menyukai aroma pun merasa tenang karena produk ini dipastikan unscented. Tak hanya itu, Benton juga memastikan toner produksinya ini bebas dari chemical coloring!

Kisaran harga Rp143.000

Informasi Pendukung, Tip, dan Saran dari dr. Felicia Puspita Sari

Do’s and don’ts saat melakukan perawatan untuk mengatasi jerawat

Berikut beberapa do and don’t bagi Anda yang memiliki kulit berjerawat:

  • Gunakan produk perawatan wajah yang ringan dan lembut
  • Gunakan sunscreen
  • Perhatikan kebersihan benda-benda di sekitar Anda terutama handphone
  • Atur pola makan sehat dan bergizi
  • Hindari menyentuh wajah dan memencet jerawat
  • Hindari paparan sinar matahari langsung
  • Hindari menggosok kulit wajah terlalu kasar
  • Hindari menutupi jerawat menggunakan kosmetik

Kesimpulan


Bagaimana, pilihan skincare untuk kulit berjerawat Anda cukup banyak, bukan? Apa pun jenis produknya, cermatilah spesifikasi utama produk agar cocok dengan tipe kulit atau kondisi jerawat Anda, ya.


Utamakan skincare untuk kulit berjerawat berkandungan salicylic acid, benzoyl peroxide, atau bahan antijerawat lain. Kami harap jerawat Anda segera minggat!

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------




1 comment

  1. I think females would be happy from your post. They would like to buy a product. With that, Landscaping Services in Sacramento CA get chance to make your lawn beautiful that's you want.

    ReplyDelete